Header Ads

Pelintas Batas Negara Diperiksa Satgas Yonif Raider 142/KJ di PLBN Motaain





Belu, NTT, www.lintasbatasindonesia.com  - PLBN Motaain di Desa Silawan, Kec. Tasifeto Timur, Kab. Belu, merupakan jalur lintas strategis yang menghubungkan Nusa Tenggara Timur dengan Negara Timor Leste, jalur ini sering sekali dilintasi warga Negara Indonesia sendiri maupun warga Negara asing, sehingga personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ khususnya Pos Mataain yang melaksanakan pengamanan di wilayah tersebut mengadakan sweeping dalam rangka mengantisipasi keluar masuknya barang-barang illegal.

Demikian disampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., dalam siaran persnya di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ Atambua NTT, pada Rabu (6/11/2019).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan sweeping yang dilaksanakan oleh personel Pos Motaain adalah kegiatan yang bertujuan untuk menjaga stabilitas ketertiban dan keamanan, yang mana kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dankipur I Lettu Inf Sahita selaku Danpos Motaain.

"Kegiatan yang dilakukan tersebut juga merupakan kegiatan rutin berupa pemeriksaan kendaraan yang melintas di jalan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain," ungkap Dansatgas.

Sebagaimana diketahui bersama, jalur lintas batas Negara sering dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengambil keuntungan pribadi dengan melakukan kegiatan illegal berupa penyelundupan barang-barang tertentu misalnya berupa BBM, Narkoba, Sembako, hewan ternak, Senpi dan berbagai jenis kendaraan.

"Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan ini juga dilakukan kepada setiap kendaraan yang melintas tanpa tebang pilih, sementara pemeriksaan sendiri difokuskan kepada pemeriksaan identitas dan dokumen pelintas batas Negara, surat menyurat kendaraan, barang bawaan pelintas batas Negara dengan tetap mendahulukan faktor keamanan personel kita sendiri yang ada dilapangan," terangnya lebih lanjut.

Terpisah, Bpk. Hiriustius (57) yang merupakan warga Negara Indonesia yang sedang melintas mempersilahkan personel Pos Motaain untuk mengadakan pemeriksaan.

"Silahkan bapak cek yang sudah menjadi tugas bapak, kami juga senang agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan, baik buruknya Indonesia tergantung dari diri kita sendiri sebagai warga negaranya, kalau kita tidak patuh dengan peraturan, bagaimana nanti dengan penerus kita," ucapnya. (Satgas Yonif Raider 142/KJ)

No comments

Powered by Blogger.