Header Ads

Jelang Musim Hujan, Masyarakat Desa Krai Diharapkan Perhatikan Kebersihan Saluran Irigasi





Lumajang, Jatim  - Menjelang datangnya musim hujan, Masyarakat Desa Krai diharap selalu menjaga kelancaran saluran irigasi, agar tidak menyebabkan genangan air yang dapat digunakan bibit penyakit untuk berkembang biak.

Hal tersebut disampaikan oleh Bati Tuud Koramil 0821/11 Yosowilangun Peltu Mashuri dalam kegiatan Bersih-bersih Sungai Pondokan, di Desa Krai Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (5/11/2019).

Mashuri juga menyampaikan, bahwa kelancaran saluran air pada saat musim hujan perlu untuk dijaga, agar tidak menyebabkan genangan air di sekitar pemukiman masyarakat, sehingga bibit pengakit tidak dapat berkembang biak.

"Untuk itu, kami harap masyarakat bisa ikut memperhatikan dan menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah pada saluran air, sehingga aliran air hujan tidak menyumbat dan meluap ke jalan,” ujarnya.

Sementara itu, Pj. Kepala Desa Krai Edi Wijaya mengatakan, bahwa kegiatan pembersihan Sungai Pondokan tersebut sebagai upaya persiapan menghadapi musim hujan mendatang, agar dapat menampung dan mengalirkan air dengan lancar.

Ia juga mengatakan, kegiatan tersebut tidak hanya melakukan pembersihan sampah dan tanaman liar saja, tetapi juga dilakukan pengerukan dasar sungai untuk mengurangi endapan lumpur dan tanah.

“Semoga dengan kegiatan ini, pada musim hujan mendatang debit air Sungai Pondokan dapat bertambah dan mengalirkan air lebih lancar, sehingga tidak ada lagi genangan air yang meresahkan masyarakat,” pungkasnya. (Pendim0821/Fj)

No comments

Powered by Blogger.