Header Ads

Hutan Jati Kumbe dan Rabadompu Timur Terbakar, Kodim Bima Bersama Damkar Bergerak Cepat Padamkan Api




Bima, NTB  - Sekitar pukul 17.00 Wita, pengunungan Nggaro Kumbe di jalan Oi Fo'o mengalami kebakaran yang merambat ke hutan jati di pegunungan Kelurahan Kumbe dan Kelurahan Raba Dompu Timur Kota Bima.

Kebakaran yang terjadi pada Jumat sore (30/8) tersebut diduga kuat berawal dari adanya aktifitas masyarakat yang melakukan pembakaran tumpukan sampah di pinggir jalan menuju Oi Fo'o dan di pinggir pegunungan Nggaro Kumbe sehingga api merambat ke hutan jati di pegunungan daerah tersebut.

Upaya memadamkan si jago merah mulai dilakukan sekitar pukul 20.45 Wita oleh Babinsa kedua desa yakni Pelda Ruslan dan Serma Aidin dari Koramil 1608-01/Rasanae Barat bersama Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bima dan warga setempat menggunakan berbagai peralatan yang ada serta unit mobil Damkar.

Dandim 1608/Bima Letnan Kolonel Inf Bambang Kurnia Eka Putra mengajak dan mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan mengingat kondisi cuaca panas dan rawan terjadinya kebakaran.

"Kondisi cuaca saat ini sangat panas dan hampir diberbagai tempat mengalami kekeringan sehingga sangat mudah terjadinya kebakaran," ujar Dandim.

Untuk itu, lanjutnya, agar berhati-hati membuang sisa puntung rokok yang masih menyala. Apabila membakar sampah harus dijaga dan lokalisir agar tidak merember ke tempat lain, dan pastikan api sudah padam (mati) sebelum ditinggalkan.

Selain itu, Dandim Alumni Akmil 1999 tersebut juga berharap kepada pemilik lahan dan kebun untuk menghindari sistem pembakaran agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan bersama.

"Mari kita sikapi kondisi ini dengan bersama-sama menjaga lingkungan dan hutan dari ancaman kebakaran," pungkasnya. (Kodim 1608/Bima)

No comments

Powered by Blogger.