Header Ads

Wujudkan Swapang, Kodim 1619/Tabanan dan Dinas Pertanian Gelar Rapat Kordinasi Upsus





LINTASBATASINDONESIA.COM - Tabanan - Dalam rangka mensukseskan program pemerintah Upsus (Upaya khusus) Pertanian, Kodim 1619/Tabanan bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan menggelar rapat koordinasi pada Senin (6/5/2019) di Makodim 1619/Tabanan.

Kegiatan Rapat Koordinasi Upsus yang melibatkan anggota Kodim 1619/Tabanan dan Dinas pertanian Kabupaten Tabanan ini dibuka oleh Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf Wayan Notes, S.Sos mewakili Dandim 1619/Tabanan.

Dandim 1619/Tabanan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf Wayan Notes, S.Sos., mengatakan bahwa kegiatan rapat upsus ini menjadi forum yang sangat efektif sebagai sarana komunikasi dua arah guna mensukseskan program pemerintah upaya khusus menuju Swasembada pangan.

"Kita bisa saling memberikan informasi masukan dan saran dalam berbagai kebijakan, instruksi, informasi kepada para peserta rapat, sehingga memiliki nilai strategis dalam mengembangkan wawasan dan pemahaman guna menyamakan persepsi terhadap permasalahan aktual yang ditemukan dilapangan, sehingga ditemukan solusi berupa saran dan masukan yg bersifat konstruktif guna meningkatkan indeks produksi Padi diwilayah masing-masing," ungkapnya.

Sedangkan Kabid Produksi I Wayan Suandra menyampaikan hal-hal penting dalam rapat tersebut diantaranya bahwa tujuan Upsus yaitu menyediakan kebutuhan prasarana dan sarana pertanian berupa air irigasi, benih, pupuk dan Alsintan sesuai kebutuhan dan tepat waktu, optimalnya pemanfaatan bantuan sarana prasarana pertanian, meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas padi, jagung dan kedelai.

"Terdapat beberapa tantangan atau kendala dalam peningkatan produksi seperti terjadinya alih fungsi lahan, rendahnya generasi muda dalam berusaha tani, terjadinya serangan hama dan penyakit serta adanya penundaan untuk penanaman," tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Pertanian Kabupaten Tabanan diwakili Kabid Produksi I Wayan Suandra, Kadis Ketahanan Pangan diwakili sekretaris I Made Suganda, Para Danramil Jajaran Kodim 1619/Tabanan dan Para Babinsa Jajaran Kodim 1619/Tabanan. (Kodim 1619/Tabanan)

No comments

Powered by Blogger.