Header Ads

Masyarakat Kampung Kuler Papua, Dibekali Kemampuan Budidaya Labu Madu Oleh Satgas Yonmek 521/DY



LINTAS BATAS PAPUA,  Kabupaten Merauke  - Berbagai pelatihan guna meningkatkan perekonomian masyarakat, terus diberikan oleh Satgas Pamtas Yomek 521/DY.

Seperti halnya penyuluhan budidaya labu madu yang berlangsung di Pos Kuler, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke, Papua. Selasa, 8 Januari 2019.

Komandan Kompi (Danki) Kuler, Kapten Inf Prayitno mengungkapkan, dirinya sangat menyayangkan keberadaan lahan kosong di wilayah perbatasan yang tak dipergunakan oleh warga sekitar, khususnya menjadikannya sebagai lahan pertanian.

“Banyak sekali. Sayang kan kalau tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin,” ungkapnya.

Selain penyuluhan, kata Kapten Prayitno, ia bersama personel Satgas Yonmek 521/DY lainnya, juga memberikan pembekalan mengenai tata cara bercocok tanam labu madu dengan memanfaatkan lahan kosong di area Kampung Kuler tersebut. “Untuk bibitnya, sudah kita sediakan dan segera kita salurkan ke masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Kuler, Maria Ndiken (58) menambahkan, keberadaan penyuluhan sekaligus pembekalan tersebut, seakan menggugah inisiatif warga di desanya untuk mengembangkan budidaya labu madu.

Menurut Ndiken, minimnya wawasan mengenai tata cara bercocok tanam, dinilai menjadi kendala akan pertumbuhan perekonomian warganya. “Selama ini, warga tidak tau cara-cara bertanam dan bertani,” cetus Ndiken.

Ia berharap, dengan adanya pembekalan yang diberikan oleh prajurit di bawah Komando Letkol Andi A, Wibowo tersebut, dapat memacu semangat warganya untuk mendongrak roda perekonomian. “Setelah kami pelajari, ternyata hasilnya juga sangat bagus, dan bisa di jual di pasar,” tutur Ndiken.

No comments

Powered by Blogger.