Header Ads

Babinsa Koramil 0808/12 Wlingi Serka Tito. L, Bantu Bersih Rumput


LINTAS BATAS BLITAR  - Babinsa Koramil 0808/12 Wlingi Serka Tito. L, membantu membersihkan rumput tanaman padi milik Bpk. Karji anggota Poktan Mulyo 1 seluas 0,3 ha, jenis padi Ciherang, bertempat di Dsn. Balerejo  Rt. 02 Rw. 01 Ds. Balerejo Kec. Wlingi Kab. Blitar, Senin (14/01/2019).

Persaingan rumput dengan padi dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen. Menurutnya persaingan antara rumput itu sendiri dengan padi sangat mengganggu pertumbuhan padi sehingga menjadi hama dan penyakit tanaman padi bila dibiarkan dan tanpa dikendalikan maka kerugian akan melanda petani.

“Kegiatan seperti ini sangan di sambut baik oleh petani, hal ini terlihat dari antusias para petani dalam membersihkan rumput dan menyulami padi yang tidak tumbuh, Babinsa dan Bpk. Karji pun terlihat sangat semangat walaupun panas mataharisangatlah terik dan menyengat badan.

Danramil 0808/12 Wlingi Kapten Inf Kanipan saat ditemui mengatakan, dengan adanya Babinsa turun ke sawah untuk pendampingan petani, maka diharapkan tanaman padi akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang dicapai petani pun akan melimpah.

Hal inipun tidak lepas dari pengawasan Babinsa dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), karena dengan adanya pendamping petani maka kendala yang di hadapi petani di lapangan akan terpecahkan. Dengan program Swasembada pangan yang digalakkan oleh pemerintah RI dan salah satu komoditi yang sangat diunggulkan pada program Pajale (Padi, Jagung dan Kedelei).

Bapak Karji selaku pemilik sawah menuturkan, bangga dan berterimakasih sekali kepada Babinsa, yang selalu membantu para petani. Bahkan terjun langsung ke sawah, meski panas matahari yang menyengat tak di hiraukan, semangat Babinsa sungguh luar biasa.

Kegiatan pendampingan yang di lakukan Babinsa merupakan, tugas pokok dan upaya khusus pertanian. Peran Babinsa sebagai motivator agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya di sawah. Semoga dengan pendampingan Babinsa, para petani akan selalu mendapatkan hasil panen yang maksimal (Red).

No comments

Powered by Blogger.