Header Ads

Tanda-Tanda Kondisi Badan Kurang Sehat


Padatnya aktivitas seringkali jadi alasan banyak orang untuk melewatkan waktu untuk olahraga. Padahal, malas olahraga akan membuat tubuh selalu merasa lemah dan kurang bersemangat. Apakah kamu kerap mengalami hal ini?

1. Kehabisan napas
Naik tangga satu lantai saja rasanya seperti habis lari 1 kilometer. Mudah kehabisan napas dan terengah-engah setiap menaiki tangga, adalah tanda kalau tubuhmu tidak bugar. Jadi, jangan malas untuk melakukan olahraga kardio yang memacu kerja jantung, ya. Misalnya berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau berlari. Olahraga kardio bisa membantu tubuh lebih bugar, lho.

2. Mudah lelah
Saat melakukan aktivitas fisik, bahkan yang ringan sekalipun, tubuh kamu cepat merasa lelah. Kondisi ini mungkin membuat kamu jadi semakin malas berolahraga, karena kamu mudah merasa capek. Tapi jangan dibiarkan, karena berolahraga adalah salah satu cara melatih supaya tubuh kamu tidak mudah lelah.

3. Otot kaku saat olahraga
Otot kaku bikin fleksibilitas tubuh berkurang. Hal ini membuat kamu malas bergerak karena melakukan aktivitas sederhana pun akan terasa berat. Solusinya, kamu mesti banyak berolahraga, karena tubuh kaku ini diakibatkan oleh kondisi otot yang jarang dilatih.

4. Detak jantung melambat
Jantung akan berdetak lebih kencang ketika kamu berolahraga, tujuannya untuk memompa oksigen ke dalam tubuh. Detak jantung saat olaharaga ini berkisar antara 140 hingga 190 detak per menit tergantung usia. Nah, ketika beristirahat, detak jantung juga akan turun sekitar 20 detak per menit sampai mencapai detak normal. Pada tubuh yang tidak bugar, penurunan detak jantung itu akan memerlukan waktu lebih lama.

Sumber: www.dewiku.com




No comments

Powered by Blogger.