Header Ads

Pembekalan Wawasan Kebangsaan Dalam Diklat Jurnalistik Pertama Majelis Pers Nasional

LINTAS BATAS INDONESIA, Dalam Diklat Jurnalistik Angkatan ke -1 Tingkat Nasional oleh Majelis Pers Nasional Senin 17/12/2018 di Aula Agro Wisata AIL. Prof. H. Moh. Khusnurridlo, M.Pd memberikan pembekalan kepada  wartawan – wartawan peserta Diklat dengan Pengetahuan Wawasan Kebangsaan.

Secara luas dan gamblang Prof. Khusnurridlo paparkan betapa pentingnya wawasan kebangsaan bagi para wartawan. Diawali dengan paparan tentang kondisi geografis negara yang terdiri dari ribuan pulau, luas laut, dan daratannya. Melalui mimbar lempar pertanyaan tak memerlukan jawaban, “Sanggupkah kita mempertahankan alam kekayaan dan segala yang ada didalamnya ? “.

Menurutnya dikatakan, bahwa kita meski optimis sanggup asal mau berikhtiar. Jelasnya karena kita semua diuji dengan macam – macam informasi yang sangat dinamis. Baik yang positif tetapo lebih banyak yang megatif, yang lebih ngetren dengan sebutan berita Hoax.

“Tentu melihat keadaan keadaan bangsa Indonesia yang seperti ini, wartawan sebagai penyambung lidah, penyambung aspirasi rakyat tidak boleh tinggal diam. Maka saya menyaksikan hari ini peserta Diklat sanggup berkontribusi dalam mempertahankan ketahanan Nasional,” ucapnya disambut tepuk tangan hadirin.

Lanjut disampaikan bahwa, yang terpenting menurut Prof. Khusnurridlo, dalam mempertahankan ketahanan Nasional disamping pengelolaan sumber kekayaan alam dengan tepat sesuai undang – undang. Tak kalah pentingnya bahwa diera sekarang yaitu menghadirkan pemimpin Nasional yang negarawan. Menata tata kehidupan sosial budaya sesuai norma – norma yang sudah digariskan yang disebut dengan kesepakatan atau konsensus dasar hidup bernegara dan berbangsa.

“Ini penting, karena sampai hari ini pemahaman masyarakat tentang berbangsa dan bernegara masih nirmatif belum teraktualisasikan dalam kehidupan nyata. Di sinilah peran wartawan profesional andil menguatkan nilai – nilai Pancasila, artinya wartawan selain profesional juga bermartabat,” jelasnya di akhir pembelakannya.

Usai memberikan pembekalan wawasan kebangsaan pada peserta Diklat. Prof. H. Moh. Khusnurridlo, M.Pd yang juga selaku Dewan Pakar Majelis Pers Nasional ( MPN ) itu. Membuka pelaksanaan Diklat yang ditandai dengan pemukulan Drum didampingi Ketua Umum MPN  H. Umar Wirohadi, SH.,MM dan Ka. Bakesbapol Banyuwangi H. Eko Wiyono, MH. (rdy35)

No comments

Powered by Blogger.