Header Ads

Pangdam Jaya Hadiri Upacara dan Defile Hari Armada RI 2018 di Pondok Dayung



JAKARTA - Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Joni Supriyanto menghadiri Upacara Parade dan Defile memperingati Hari Armada RI 2018 dengan Irup Kepala Staf TNI AL (Kasal) di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Rabu (5/12).

Didampingi istri, Ny. Wiwik Joni Supriyanto, Pangdam Jaya tiba di lokasi dan menyeberangi selat dengan kapal bersama tamu undangan lainnya. Tiba di seberang, dengan senyum dan sapaan akrab, Pangdam terlihat mengajak foto bersama anggota Provost dan Babinsa dari Kodim Jakarta Utara yang bertugas di lokasi.

Kemudian Pangdam bersama istri, dengan mengendarai sendiri kendaraan sejenis gokart warna putih yang disiapkan panitia menuju tenda tamu dan berbaur dengan tamu undangan yang sudah hadir seperti para mantan Kasal, Forkopimda Jakarta baik dari jajaran TNI, Polri, Pemprov DKI Jakarta maupun sejumlah tokok masyarakat dan tokoh agama.

Upacara Parade dan Defile memperingati Hari Armada RI ini mengusung tema 'Armada RI Kesatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara, Bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan NKRI. Acara ini juga dimeriahkan Demonstrasi Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) dan Demonstrasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran oleh KRI dan Pangkalan serta aksi terjun payung Prajurit Kopaska Koarmada I dan Intai Amfibi.

Secara historis, Armada RI sebagai kekuatan tempur Angkatan Laut. pada hakekatnya Iahir dan tumbuh bersama kelahiran TNI. Armada RI tidak pernah absen dalam usaha menegakkan dan mempertahankan kedaulatan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tanggal 5 Desember 1959 Kepala Staf ALRI Komodor Laut RE. Martadinata meresmikan pembentukan Organisasi Komando Armada Republik Indonesia. Pembentukan Armada tersebut merupakan peristiwa yang sangat penting dalam memacu terwujudnya sebuah Angkatan Laut RI yang kuat modern. Peresmian terbentuknya Komando Armada RI tanggal 5 Desember 1959, kemudian dikenal sebagai Hari Armada RI. Meskipun momentumnya diambil dari peristiwa tanggal 5 Desember 1959, namun pada hakikatnya secara embrional Armada RI sudah lahir sejak Tahun 1945 sejalan dengan kelahiran TNI AL dan NKRI.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam sambutan mengajak seluruh jajarannya untuk meningkatkan profesionalisme dan naluri tempur melalui latihan dan operasi demi tercapainya kesiapan operasional satuan. Kasal juga meminta untuk mempedomani _standard opratinal procedure_ dan _prinsip _Zero Accident_ pada tiap latihan.

Mengakhiri amanatnya, Kasal menekan netralitas dan soliditas TNI jelang tahun politik 2019. "Pegang teguh netralitas TNI dan Soliditas TNI, Polri dan masyarakat, khususnya dalam menghadapi situasi tahun politik menjelang Pilleg dan Pilpres 2019," pungkasnya.

No comments

Powered by Blogger.