Header Ads

Pangdam Jaya Ajak Semua Lapisan Masyarakat Pelihara Kebersihan Sungai Dan Situ



DEPOK -. Kondisi sungai dan situ yang berada di Jakarta dan sekitarnya, saat ini umumnya mengalami penurunan fisik maupun fungsinya, sehingga pemenuhan kebutuhan dan pengendalian air sulit dilakukan.

Hal itu diungkapkan Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Joni Supriyanto saat meninjau pembersihan Situ Petinggi Emaralda, Depok, Jawa Barat, Rabu (5/12).

Selain itu ujar Pangdam, perlu adanya tindakan pengamanan terhadap okupasi sempadan sungai dan situ karena banyak terjadi penyalahgunaan area sempadan sungai dan situ. "Untuk itu Kodam Jaya/Jayakarta sebagai Komando kewilayahan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya perlu ikut berperan aktif dalam membantu Pemerintah Daerah khususnya dalam kegiatan pemeliharaan rutin sungai dan situ," tegas Pangdam.

Pangdam juga menjelaskan akan meneruskan kerjasama yang sudah terjalin antara Kodam Jaya dengan BBWS Ciliwung Cisadane untuk pemeliharaan rutin sungai dan situ.

Pangdam pun menilai, kerjasama yang berlangsung telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam pemeliharaan lingkungan sungai dan situ, sehingga diharapkan dimasa yang akan datang tidak ada lagi banjir di wilayah DKI dan sekitarnya.

Selain itu, program kerjasama seperti ini, diharapkan Pangdam dapat menjadi stimulus semua pihak untuk terbebas dari banjir.
"Saya berharap, kegiatan ini dapat menjadi stimulus semua pihak untuk mewujudkan wilayah yang bersih, sehat dan bebas banjir. Untuk itu keterlibatan dan partisipasi masyarakat dan semua pihak sangat diperlukan, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Dandim 0508/Depok Letkol Inf M. Iskandarmanto, Waaster Kasdam Jaya Letkol Inf Mujiburahman dan perwakilan BBWS Ciliwung Cisadane.

No comments

Powered by Blogger.