Header Ads

Lantamal 9 Ambon Bina Warga Pesisir Kabupaten.Seram Bagian Barat



LINTASBATASINDONESIA.COM - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Prov. Maluku melaksanakan pemberian paket bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan kepada kelompok Nelayan dalam rangka pembinaan masyarakat wilayah pesisir di Dusun Masika Jaya Desa Waesela Kecamatan Waesela Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), kegiatan bertempat di halaman Balai Perikanan Dusun Masika Jaya Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Kamis, (20/12/2018).

Dalam sambutan Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang yang dibacakan oleh Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Supriyono menyampaikan Indonesia telah diberikan anugerah luar biasa sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia yang dua pertiganya adalah laut dan terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, tak berlebihan jika bangsa kita bercita-cita menjadi poros maritim dunia, mengelola laut secara berkelanjutan untuk menjadikan masa depan bangsa.

Dirjen Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut merasa terpanggil untuk mewujudkan hal tersebut antara lain melalui pemberian bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan langkah ini menjadi salah satu bukti bahwa pilar kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan sama-sama sangat penting dan saling sinergis untuk diwujudkan.

Lebih lanjut dikatakan, sesuai kebijakan Pemerintah dengan poros maritim dunia maka ciri negara maritim diantaranya yaitu memiliki kemampuan mengelola laut sebagai sumber kehidupan dan kesejahteraan masyarakat serta dapat menunjang pembangunan daerah. Saya mengajak seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten SBB ini untuk mengelola ikan laut semaksimal mungkin menerapkan budaya maritim dalam kehidupan sehari-hari dengan selalu menjaga lingkungan dengan ramah.

Alat bantuan yang diberikan kepada kelompok nelayan sebanyak 26 kelompok, 1 kelompok terdiri dari 1 - 6 orang. Adapun bantuan yang diberikan 25 unit jaring insan (1 unit terdiri dari 5 pis), 100 buah pelampung, 3 tali ukuran 4 mm, 1 ball ukuran tali 4 mm, 2 ball tali ukuran 6 mm, 5 Kg timah pemberat, 5 buah cobang dengan benang penjahit 1 kepala tasi ukuran 60, 1 unit Pancing Tonda, Body 1 GT, Mesin 18 PK, Type Toihatsu.

Dengan adanya bantuan ramah lingkungan ini diharapkan dapat memperkuat Armada perikanan tangkap para nelayan di samping itu tentu saja untuk menambah produktivitas penangkapan ikan dan mutu hasil tangkapan sehingga pendapat dan kesejahteraan nelayan dapat meningkat.

Hadir dalam kegiatan Asrena Danlantamal IX Kolonel Laut (S) Dodik Pujiargo, S.E., Paban Opslat Sops Lant IX Letkol Laut (P) Syarif Abdul Radzak, Paban Komsos & Bakti TNI-AL Spotmar Lant IX Letkol Laut (T) Awan Sudiro, S.T., Pabandya Lat Sops Lant IX Mayor Laut (P) Kusumo Atmojo, S.sos, MM. Mtr (Han), Kepala Balai Budidaya Laut Masaki Jaya Elfis Frensly Noya, Plt. Kepala Tata Usaha Cabang Dinas Gugu Pulau II Yonas Bernandus, Plt. Kepala Cabang Dinas Gugus Kepala II Anwar Marasebesi, Pemerhati Perikanan Edy Navyriri serta Para nelayan.

Jalesveva Jayamahe

No comments

Powered by Blogger.