Header Ads

Kodam 9 Udayana Bangga Setia Pada Kesaktian Pancasila


BALI - Peristiwa 30 September 1965 yang dikenal dengan G 30 S/PKI, merupakan peristiwa kelam yang tidak akan pernah musnah dari lembaran sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.

Peristiwa memilukan tersebut, dimana 6 orang Jenderal putra-putra terbaik Bangsa Indonesia telah menjadi korban kebiadaban sekelompok orang yang menamakan dirinya PKI, dan ingin menggantikan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan paham Komunis.

Sehingga gerakan ini pada akhirnya dapat dipatahkan berkat adanya rasa persatuan dan kesatuan serta kesetiaan Bangsa Indonesia kepada Pancasila.

Peristiwa ini dinyatakan sebagai Tragedi Nasional karena itu pemerintah menetapkan tanggal 30 September sebagai hari Berkabung Nasional dan besoknya pada tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai hari Kesaktian Pancasila.

Untuk memperingati terhindarnya Ideologi Bangsa Indonesia dari ancaman G 30 S/PKI, yang juga sebagai wujud rasa syukur karena bangsa Indonesia terhindar dari kesesatan.

Maka Kodam IX/Udayana melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Senin (1/10) yang dipusatkan di Lapangan Makorem 163/Wira Satya.

Dengan Inspektur Upacara Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, diikuti oleh para prajurit dan Pegawai Negeri Sipil jajaran Kodam IX/Udayana yang bermarkas di wilayah Garnizun Denpasar, dalam hal ini disampaikan oleh Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P, di lapangan Makorem 163/Wira Satya.

Sebagai acara pokok dalam upacara peringatan tersebut, pembacaan Ikrar yang pada hakekatnya merupakan suatu pernyataan dan janji kesetiaan terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara dan sebagai Ideologi Bangsa Indonesia.

Yang juga sebagai kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga dilaksanakan acara penyerahan Piagam Penghargaan dan hadiah dari Pangdam IX/Udayana, kepada para prajurit dan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kodam IX/Udayana yang telah mendulang prestasi serta sekaligus meningkatkan citra dan nama baik Kodam IX/Udayana dengan raihan medali dalam kancah Pekan Olah Raga Angkatan Darat (Porad) yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Para pejabat yang hadir dalam upacara tersebut antara lain, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Para Perwira Staf Ahli Pangdam, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO-AL, LO-AU para Komandan/Kabalak Kodam IX/Udayana.  (son)

No comments

Powered by Blogger.