Header Ads

Polres Pacitan Gelar Apel Pasukan Kesiapan Pam Pileg dan Pilpres 2019


PACITAN - Jelang pelaksanaan kampanye Pileg dan Pilpres 2019, jajaran Polres Pacitan melaksanakan gelar pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018, Rabu (19/9). Gelar pasukan tersebut diikuti sebanyak 300 personil, baik dari unsur Polri, TNI, Satpol PP serta instansi terkait lainnya.

Kapolres Pacitan AKBP Setyo Kus Heriyatno selaku pimpinan apel mengatakan, apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018 ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan persiapan pemilu legislatif dan Presiden Tahun 2019.

"Dalam pemilu nanti, masyarakat diajak untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden secara langsung dan juga memilih calon anggota legislatif," kata Kapolres menyampaikan amanat Kapolri.

"Laporkan bila ada hal-hal menonjol. Waspadai kerawanan-kerawanan yang terjadi sehingga kita bisa mengambil tindakan-tindakan di lapangan agar segera bisa diselesaikan," pesan Perwira Polisi dengan dua melati di pundak itu.

Menurut Kapolres, dalam pelaksanaan pengamanan, Polri akan dibantu TNI dan Instansi lainnya. Operasi tersebut akan dilaksanakan selama 397 hari, mulai 20 September 2018 sampai dengan Oktober 2019. Sebanyak 300 ribu personel TNI-Polri dilibatkan dan disebar di seluruh daerah.

"Dari sudut pandang keamanan, kontestasi ini membelah masyarakat menjadi pilihan-pilihan dan akan berpotensi (konflik). TNI dan Polri akan menjaga Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar dapat menjalankan tugasnya dengan lancar. Kita juga perlu mendekati para kontestan baik Pileg, Pilpres, partai pendukung, massa pendukung, agar pelaksanaan semua positif, kampanye positif, dan tidak memprovokasi pihak lain karena adanya perbedaan kepentingan," beber Kapolres.

Dia juga berpesan agar menjaga sinergitas antara TNI dan Polri. "Susun pengamanan secara detil dan laksanakan latihan secara rutin guna menjaga kemampuan personil," tukasnya.  (dw)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.