Header Ads

Pacu Kreatifitas Generasi Muda, Kodam Brawijaya GelarLomba Hadrah dan Melukis


Surabaya - Usai berlangsung di tingkat daerah, akhirnya para peserta lomba komsos kreatif memasuki perlombaan di tingkat Kodam. Selain perlombaan hadrah, dalam event tersebut, pihak Kodam V/Brawijaya juga menyediakan perlombaan seni lukis.
           
Asisten Teritorial (Aster) Kasdam V/Brawijaya, Kolonel Czi Wakhyono menuturkan, event komsos kreatif yang dikemas menjadi perlombaan hadrah dan seni lukis tersebut, merupakan salah satu upaya yang dinilai sangat efektif dalam mewujudkan kebersamaan, hingga keharmonisan di kalangan para pelajar, terlebih para santri di Jawa Timur.
           
“Kegiatan lomba sepert ini, menjadi salah satu agenda penting untuk diselenggarakan di tengah maraknya arus budaya dari luar yang menggerus budaya asli daerah kita,” kata Aster melalui amanat pembukaan lomba komsos kreatif di gedung Balai Prajurit, Makodam V/Brawijaya, Kota Surabaya. Selasa, 18 September 2018.
           
“Oleh karena itu, kalah atau menang dalam perlombaan ini, bukanlah tujuan utama. Tetapi yang diutamakan, adalah semangat kebersamaan dan antusias para peserta,” tambahnya.
           
Kegiatan yang bertemakan "Melalui Kemanunggalan TNI-Rakyat, Kita Wujudkan Cegah Tangkal Radikalisme" tersebut, dinilai sangat relevan dalam menumbuhkan nilai-nilai kejuangan bangsa, sekaligus membentuk pemuda yang berkarakter sesuai jati diri Bangsa Indonesia.
           
“Melalui kegiatan lomba hadrah dan melukis ini, diharapkan mampu menggali potensi generasi muda yang dapat di proyeksikan ke event yang lebih tinggi. Saya berharap, agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” pinta Aster.
           
Sebelum mengakhiri pembukaan tersebut, Kolonel Wakhyono menyampaikan beberapa pesan Pangdam yang harus ditaati selama berlangsungnya perlombaan tersebut. Tak hanya diwajibkan bagi para peserta saja, menurutnya, pesan dari Pangdam tersebut, juga diberlakukan ke pihak panitia.       
           
Selain memanfaatkan event tersebut, Aster juga meminta pihak panitia untuk berlaku jujur dan adil selama berlangsungnya lomba komsos kreatif tersebut.

 “Laksanakan lomba ini dengan penuh rasa semangat dan kreatifitas yang tinggi. Sehingga, nantinya para peserta dapat meningkatkan prestasi yang dapat di banggakan,” tegas Aster melalui amanat Pangdam V/Brawijaya yang disampaikan oleh dirinya.
           
Selama berlangsungnya lomba hadrah dan melukis tersebut, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Hasan Ashuluqi yang merupakan peserta asal wilayah Kodim 0808/Blitar, berhasil menduduki peringkat pertama. Sedangkan untuk peringkat kedua, di tempati oleh Ponpes Ashabul Muhyi, yang merupakan peserta asal Kodim 0824/Jember. untuk di peringkat ketiga, di tempati oleh peserta SMK NU Simo Karanggeneng, yang merupakan peserta dari Kodim 0812/Lamongan.
           
Sedangkan di perlombaan melukis, juara pertama berhasil diraih oleh Kamil Hadi dengan perolehan nilai sebanyak 283. Di urutan kedua, berhasil ditempati oleh Toni Ja’far, dengan peroleh nilai sebanyak 260. Sedangkan di posisi ketiga, diisi oleh M. Imam Bawon dengan perolehan nilai sebesar 250.  (red)

No comments

Powered by Blogger.