Header Ads

Sudah 3000 Tahun Silam Orang Telah Menggunakan Herbal Ini Untuk Pengobatan

Jinten Hitam dengan nama latin (Nigella sativa Linn.) dikenal juga dengan nama Habbatussauda, merupakan tanaman sejenis rempah-rempah yang berbentuk butiran biji berwarna hitam yang merupakan tumbuhan liar yg sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu oleh masyarakat di Timur Tengah, India, Pakistan serta bagian utara Afrika dan Jazirah arab. Merupakan jenis tanaman perdu dengan tinggi 50 cm, dengan jenis bunga yang cukup cantik berwarna putih sampai kebiru-biruan.

Di beberapa belahan dunia, Jintan hitam atau jinten hitam adalah salah satu varian tanaman rempah – rempah berbentuk biji yang mempunyai karakteristik berwarna hitam. Pada pohonnya dihiasi dengan bunga cantik berwarna putih cerah sampai kebiru – biruan. Jinten Hitam mempunyai nama yang beraneka ragam seperti : Habbatussauda, black seed, black caraway, natura seed, black cumin, nigela sativa, kaluduru.



Tanaman herbal ini, meski termasuk tumbbuhan liar, sudah dikenal sejak 2000-3000 SM sebagai tanaman obat, dan banyak tercatat di berbagai literatur kuno dalam ahli-ahli pengobatan kuno seperti Ibnu Sina (980-1037M), dan Al-Biruni (973-1048M). Ibnu Sina adalah peneliti Genius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat dalam sejarang pengobatan timur dan barat.

Pada jaman itu telah dilakukan penelitian manfaat Habbatussauda (Black seed) sebagai pengobatan dan kesehatan. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan.

Belakangan ini tidak kurang dari 150 penelitian yang dimuat di berbagai jurnal ilmiah semakin memperkuat bukti tentang berbagai khasiat yang pernah disebutkan oleh orang-orang terdahulu tentang tumbuhan ini. Penelitian ini kebanyakkan berasal dari Eropa, khususnya Austria dan Jerman yang berada di barisan terdepan dari negara-negara yang mempromosikan dihidupkannya kembali pengobatan herbal sebagai pengobatan alternatif.  (anekaherbal.com)


















No comments

Powered by Blogger.