Header Ads

Babinsa Sidowayah Komsos Dengan Pengerajin Peci Putih


Pasuruan, LBI (10/02) Babinsa Desa Sidowayah Kec. Beji (Serda Wiga) melaksanakan Komsos dengan pengerajin peci putih di Bpk. Modin Desa Sidowayah Kec. Beji.

Dalam pelaksanaan Komsos tersebut Bpk. Modin pengerajin peci putih menyampaikan kepada Babinsa Sidowayah Serda Wiga  bahwa perkembangan dunia saat ini semakin modern dan pengerajin semakin banyak salah satunya adalah pengerajin peci/kupyah yang banyak diminati oleh kalangan orang muslim di Indonesia. 

Peci/kupyah pada umumnya hanya diberi motif bordir yang polos dan sederhana, tetapi sekarang banyak peci/kupyah berbagai model bentuk,desain yang beragam.  Tidak hanya pria dewasa, anak-anak pun telah banyak yang memakainya. Di indonesia peci/kupyah sudah menjadi prioritas utama masyarakat. Peci/kupyah memiliki fungsi utama adalah sebagai bentuk keseragaman agama, untuk mengidentifikasi diri sendiri dari seluruh dunia sebagai orang yang beragama islam. Selain  itu juga berfungsi sebagai akseroris pria. Tuturnya.

Adapun manfaat peci/kupyah di antaranya melindungi kepala pria sebagai topi, menyempurnakan sholat dalam berpakaian.

Menurutnya dalam pembuatan peci/kupyah yaitu membutuhkan waktu yang lama. Bukan karena pengerjaan pembuatan peci/kupyah yang sulit namun menjahit kain di peci/kupyah Selain tekstur kain peci/kupyah yang tebal dan kesulitan membuat jahitan yang rapi agar terlihat indah dan menarik. yang dikerjakan dengan tenaga manual di zaman dulu. 

Seiring zaman yang semakin modern pembuatan peci/kupyah jadi semakin mudah dan cepat dengan menggunakan mesin pembuat peci/kupyah dalam kurun waktu 12 Jam dengan menggunakan mesin pembuat peci/kupyah dapat menghasilkan 90 Buah peci. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.