Header Ads

Wasbang Dan Bela Negara Kepada SMKN Oleh Babinsa Tutur


PASURUAN, LINTASBATASINDONESIA.COM - Jumat  (26/01) Anggota Babinsa Desa Tutur Kec. Tutur (Serda Eko K) dan Serka Irwandi anggota Koramil Tutur memberikan materi Wasbang dan Bela Negara kepada siswa/siswi SMKN Tutur.

Dalam kesempatan tersebut babinsa Tutur (Serda Eko K) menyampaikan tentang pengertian bela negara adalah sikap, tekad dan juga perilaku warga negara yang dilakukan secara menyeluruh, teratur serta terpadu dan juga dijiwai oleh kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Dasar hukum mengenai bela negara terdapat dalam isi UUD 1945, yakni  Pasal 27 ayat (3) yang menyatakan bahwa semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.  Pasal 30 ayat (1) yang menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Dengan penyampaian materi tersebut diharapkan akan terbentuk karakter siswa dengan mental yang kuat dan berwawasan kebangsaan, mempunyai semangat Bela Negara dan melatih kedisiplinan bagi siswa sejak usia dini. (jon)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.